Cara Mengaktifkan Mode Pengembang di Android

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
        Hai sobat, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah Swt. selalu. Aamiin... Selamat datang diblog yang sederhana ini. Pada tutorial kali ini, saya akan membahas Cara Mengaktifkan Mode Pengembang di Android.
        Sebelum masuk ke dalam tutorialnya, saya ingin menjelaskan sedikit tentang Mode Pengembang. Mungkin dari beberapa sobat sudah tahu apa itu Mode Pengembang? Akan tetapi, tidak ada salahnya jika saya menjelaskan sedikit menurut pengertian saya sendiri.
        Mode Pengembang merupakan suatu pengaturan tambahan yang ada di Sistem Operasi Android, yang berfungsi untuk melakukan pengaturan khusus. Misalnya ;
1. Mengaktifkan usb debugging
2. Melihat proses aplikasi yang berjalan
3. Menonaktifkan jendela animasi yang berfungsi untuk menambah kecepatan respon pada jendela Android
        Untuk mengaktifkan Mode Pengembang, sobat tidak memerlukan akses root pada smartphone. Karena memang fitur ini sudah ditanamkan pada Sistem Operasi Android. Akan tetapi, sobat harus tetap berhati-hati dalam menggunakan Mode Pengembang ini. Karena ditakutkan jika sobat salah dalam mengoperasikan Mode Pengembang, dapat berdampak pada smartphone sobat sendiri.
        Oleh karena itu, jika sobat ingin mengaktifkan Mode Pengembang. Pastikan, sobat sudah mengerti fungsi dari Mode Pengembang. Atau paling tidak sobat memang membutuhkan Mode Pengembang untuk keperluan yang penting. Seperti untuk mengaktifkan Usb Debugging.
        Saya sarankan jika sobat tidak ada keperluan dalam menggunakan Mode Pengembang. Ataupun tidak mengerti fungsinya, lebih baik sobat jangan mengaktifkan Mode Pengembang.
Meskipun jika Mode Pengembang sudah diaktifkan. Sobat juga tetap bisa menonaktifkannnya dan menyembunyikannya kembali di pengaturan smartphone sobat. Jadi, sobat tidak perlu khawatir Mode Pengembang tidak dapat dinonaktifkan.
        Jika sobat ingin mengetahui cara menonaktifkan mode pengembang. Sobat bisa klik tautan di bawah ini :
Cara Menonaktifkan Mode Pengembang di Android

        Ok sobat, langsung saja kita menuju ke tutorialnya. Simak baik-baik ya sobat tutorial di bawah ini :
1. Masuk ke Pengaturan
Cara Mengaktifkan Mode Pengembang di Android

Sumber: Dokumen Pribadi

2. Scroll terus ke bawah sampai ada menu Tentang Ponsel
Sumber: Dokumen Pribadi

Sumber: Dokumen Pribadi

3. Klik Tentang Ponsel
Sumber: Dokumen Pribadi

4. Setelah itu, klik Info Perangkat Lunak
Sumber: Dokumen Pribadi

5. Dan yang terakhir, sobat klik Nomor Versi sampai 7 atau 8 kali secara cepat. Lebih mudahnya jika ada tulisan "Anda sudah menjadi pengembang" berarti Mode Pengembang sudah aktif.
Sumber: Dokumen Pribadi


        Jika sobat ingin mengecek apakah Mode Pengembang telah aktif. Sobat tinggal kembali ke Menu Pengaturan dan lihat menu paling bawah. Biasanya setelah menu Tentang Perangkat, ada tambahan menu yang biasanya bernama Pilihan Pengembang. Jika menu tersebut ada, selamat sobat berhasil mengaktifkan Mode Pengembang.
Sumber: Dokumen Pribadi

        Bagaimana sobat, cukup mudah bukan? Jika sobat mengikuti tutorialnya dengan benar pasti sobat akan bisa mengaktifkan Mode Pengembang. Jika sobat belum berhasil, bisa sobat ulang dari awal atau bisa ditanyakan di kolom komentar jika ada yang belum paham.
        Cukup sekian sobat tutorial kali ini. Terimakasih sudah berkunjung, jangan sungkan berkunjung kembali ya sobat. Mohon ma'af apabila ada salah kata. Semoga tutorial kali ini, bermanfaat untuk sobat semuanya. Aamiin
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

0 Comments

Post a Comment